Abstract
Bahan ajar ini berisi materi atau konten yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran dalam bidang kewirausahaan. Bahan ajar ini dirancang untuk membantu mahasiswa dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep kewirausahaan, mengembangkan ide-ide kreatif, memahami resiko dan peluang, serta mengajarkan langkah-langkah praktis dalam merencanakan, menjalankan, dan mengembangkan bisnis yang akan atau sedang dijalankan.
References
Afrilia Tina Nur Anisa, & Nur Huri Mustofa. (2021). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening. Sketsa Bisnis, 8(2), 82–98. https://doi.org/10.35891/jsb.v8i2.2687
Amalia, S. N. (2020). Rintisan #1000StartupDigital (F. H. Athaya & P. A. Nugroho (eds.)). Kemkominfo RI.
Ardiyanti, D. A., & Mora, Z. (2019). Pengaruh Minat Usaha dan Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha Wirausaha Muda di Kota Langsa. 10(2), 168–178.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pres.
Awalia, S., Elpisah, Sudiantini, D., Hamid, N. A., & Idris, M. A. (2022). PENGANTAR BISNIS (M. R. Naim (ed.)). CV Pena Persada.
Barata, J., & Steven. (2022). Kewirausahaan Teori & Konsep. Kewirausahaan Teori & Konsep, 9–25.
Cahyani, E., Purba, M., Rizal, R., Oktafiani, D., & Masdaini, E. (2022). Workshop Membentuk Karakteristik Wirausaha Milenial Menuju Revolusi 5 . 0 Bagi Siswa / I. 01, 55–58.
Carter, M., & Carter, C. (2020). The Creative Business Model Canvas. Social Enterprise Journal, 16(2), 141–158. https://doi.org/10.1108/SEJ-03-2019-0018
Dahmiri, D., & Khalik, I. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Karakteristik Wirausaha dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 598. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.758
Dinar, M., Ahmad, M. I. S., & Hasan, M. (2020). KEWIRAUSAHAAN (1st ed.). CV Media Sains Indonesia.
Fahdillah, Y., Pangestu, M. G., Usmayanti, V., & Rahayu, N. (2023). Etika Wirausaha Terhadap Kinerja Bisnis Pada UKM Kota Jambi. 2, 103–108.
Fauzia, I. Y. (2016). dalam bisnis di kalangan wirausahawan perempuan. 237–256. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i2.544
Firmansyah, M. A. (2019). KEWIRAUSAHAAN ( Dasar dan Konsep ) (Issue September).
Franco, S., Presenza, A., & Petruzzelli, A. M. (2021). Boosting Innovative Business Ideas Through Hackathons. The “Hack for Travel” Case Study. European Journal of Innovation Management, 25(6), 413–431. https://doi.org/10.1108/EJIM-06-2021-0300
Ghoreishi, M., & Happonen, A. (2020). Key Enablers for Deploying Artificial Intelligence for Circular Economy Embracing Sustainable Product Design : Three Case Studies. AIP Conference Proceedings, 2233. https://doi.org/10.1063/5.0001339
Halida, U. M. (2020). Teori Pengantar Bisnis. Duta Media Publishing.
Hapsoro, B. B. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset. 23(2), 117–120.
Harjadi, D., & Fatmasari, D. (2015). Pengantar Bisnis (Teori dan Konsep). UNIKU Press.
Hartono, S. (2022). Menumbuhkan Jiwa , Perilaku dan Nilai Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Bisnis. 1(2), 234–241.
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik, dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.
Henriques, P. L., Matos, P. V., & Jerónimo, H. M. (2022). Eager to Develop Sustainable Business Ideas? Assessment through a New Business Plan (BP4S Model). Sustainability (Switzerland), 14(2). https://doi.org/10.3390/su14021030
Indarto, I., & Santoso, D. (2020). Karakteristik Wirausaha, Karakteristik Usaha Dan Lingkungan Usaha Penentu Kesuksesan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 54. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i1.2202
Iskandar, Y., Zulbainarni, N., & Jahroh, S. (2020). Pengaruh Karakteristik Usaha dan Wirausaha Terhadap Kinerja UMKM Industri Pengolahan Perikanan di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 4(1), 1–12. https://doi.org/10.31002/rn.v4i1.2205
Islam, J. P. (2023). Jurnal pendidikan islam. 89–102.
Itta, D., Helmi, M., & Ardhana, A. (2021). Bussines Model Canvas Sebagai Alternatif Strategi Bisnis Kerajinan Sedotan Purun Di Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Kabupaten Pulang Pisau. Jurnal Hutan Tropis, 9(3), 271. https://doi.org/10.20527/jht.v9i3.12315
Jumog, T., Dari, D., & Wirausaha, P. (2023). MELO : Jurnal Studi Agama-agama MEMBANGUN SURGA YANG HILANG : PENGELOLAAN OBJEK WISATA AIR dari prinsip wirausaha. 3(1), 1–18.
Kepribadian, P., Dan, P., Pikir, P., Terhadap, K., Bisnis, K., Usaha, P., Ketok, L. A. S., Kecamatan, D. I., & Denai, M. (2021). PENGARUH KEPRIBADIAN PROAKTIF DAN POLA PIKIR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERLANJUTAN BISNIS PADA USAHA LAS KETOK DI KECAMATAN …. 6(4).
Kinanda, R., Gasali M, M., Alfa, A., & Sudeska, E. (2023). Bussines Model Canvas Untuk Program Hilirisasi Industri Kelapa Di Kabupaten Indragiri Hilir Dalam Peningkatan PAD. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 9(1), 7–15. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v9i1.295
Kusnadi, & Novita, Y. (2020). KEWIRAUSAHAAN (Salmiah (ed.)). Cahaya Firdaus.
Lo, C. K., Chen, C. H., & Zhong, R. Y. (2021). A Review of Digital Twin in Product Design and Development. Advanced Engineering Informatics, 48(April 2021). https://doi.org/10.1016/j.aei.2021.101297
Maisari, N., Musbikhin, & Karmuji. (2023). MODEL PENGEMBANGAN BISNIS TOSERBA SUNAN DRAJAT MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS ( Studi Di Toserba Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan ). Al-Muzdahir : Jurnal Ekonomi Syariah, 05(01), 17–28. https://jurnalinsud.sinov.id/index.php/ekis/article/view/778/483
Makkarennu, & Rahmadani, I. (2021). Penerapan Business Model Canvas pada pengembangan Usaha Gula Aren: Studi Kasus Di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 18(1), 1–18. https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i1.13175
Malau, G., Simanjuntak, H., Marina, N., & Ginting, K. (2021). Meningkatkan Keterampilan Wirausaha Bagi Ibu Rumah Tangga Di Desa Sukamaju Kecamatan Sunggal. 5, 396–399.
Menghadapi, G., Normal, K., Purnaningrum, E., Dyatmika, S. W., Rachman, M. M., & Adi, B. (2022). Pentingnya Penerapan Pola Pikir Entrepreneurship Pada Masyarakat. 3(2021), 84–88.
Mubasit. (2015). KEWIRAUSAHAAN. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Mulyati, S., Iskandar, & Setiawan, I. (2023). Implementasi Bimbingan Karier Berbasis Life Skill dalam Meningkatkan Motivasi Wirausaha pada Remaja. Community Development Journal, 4(1), 626–633.
Nur Wahyuni, N. W., Farah Diba, F. D., Anindhyta Budiarti, A. B., & Farida, F. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Pelaku UKM di Wilayah Sumur Batu Kecamatan Kemayoran. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 87–97. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2471
Pada, S., Yuni, T., Sengeti, G., & Jambi, M. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Melalui Media Online Pada Masa Pandemi Covid-19. 3(2).
Patricia, C. O. S. (2021). KEWIRAUSAHAAN (Vol. 3, Issue 2).
Pembentukan, M., Kewirausahaan, M., Generasi, B., Siswa, P., & Pelita, S. M. K. (2021). J . A . I : Jurnal Abdimas Indonesia. 40–45.
Perubahan, P., Dan, M., & Teknologi, P. (2023). Jumas : Jurnal Masyarakat. 01, 94–97.
Pinem, R. J. (2019). PENGANTAR ILMU BISNIS. EF Press Digimedia.
Pollard, J., Osmani, M., Grubnic, S., Díaz, A. I., Grobe, K., Kaba, A., Ünlüer, Ö., & Panchal, R. (2023). Implementing a Circular Economy Business Model Canvas in the Electrical and Electronic Manufacturing Sector : A Case Study Approach. Sustainable Production and Consumption, 36, 17–31. https://doi.org/10.1016/j.spc.2022.12.009
Primatami, A., & Primadhita, Y. (2021). JMK ( Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan ) Evaluasi Efisiensi Sektor Ekonomi Kreatif pada Wirausaha Muda di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. 6(2), 20–31.
Rana Pelangi, F., Nuraini Fadilla, A., & Adya Mulya Prajana, dan. (2023). Perancangan Motion Graphic Sebagai Media Informasi Wiranesia Foundation (Yayasan Wirausaha Teknologi Indonesia). 10(2), 2428.
Ratnasari, A. D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Bisnis Online Shop Di Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 122–134.
Ridwan, M., Dewi, M., Mulyani, S. R., Pratiwi, H., Rani, L. N., Mardison, Enggari, S., Ramadhanu, A., Nengsi, N. S. W., Putra, R. A., Muhammad, A., Fitriyeni, Putra, R. B., Sari, M. W., & Sari, V. N. (2020). Kewirausahaan.
Rieuwpassa, A. (2022). Manfaat Kewirausahaan Bagi Masyarakat Desa Di Desa Sameth Kecamatan Pulau Haruku. Maren:Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 93–98.
Rifa’i, Achmad, N. E. T. (2019). Rencana Strategi dalam Menerapkan Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan. JUMANIS-BAJA: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Baja, 1(2), 71–90.
Rifa’i, M., & Husinsah. (2022). KEWIRAUSAHAAN & MANAJEMEN USAHA KECIL (M. R. Syahputra (ed.); 1st ed.). Perdana Publishing.
Rizal Firmansyah, M. I. (2023). KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA. 3(1), 24–37.
Rusdiana, H. A. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik. Pustaka Setia.
Saad, A. M., Dulaimi, M., & Zulu, S. L. (2023). Broader use of the Modern Methods of Construction (MMC) in the UK Public Sector : A Business Model Canvas (BMC) Perspective. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(2), 100035. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100035
Sakti, I. W., Praptono, B., & Sagita, B. H. (2021). Perancangan Usulan Model Bisnis Pada STCO.Theway dengan Menggunakan Pendekatan Metode Business Model Canvas dan Analisis SWOT. E-Proceeding of Engineering, 8(4), 4041–4053. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/15230
Sari, T. K. (2023). PENGARUH MOTIVASI WIRAUSAHA DAN IMPLEMENTASI PROGRAM PMW TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA PENERIMA PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA UNIVERSITAS JAMBI 2021. Jetri : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro. https://doi.org/10.25105/jetri.v20i2.16144
Setia Dewanta, G., Wayan Suweca, I., & Irawan, R. (2023). Peranan Pregina Art dan Showbiz Bali Aspek Wirausaha Sebuah Industri Hiburan dan Kreatif pada Acara Bali Rockin Blues Festival 2022. Melodious: Journal of Music, 1(2), 121–129.
Sihombing, D. (2015). Pengantar Bisnis. Penerbit Bina Media Perintis.
Sikap, P., Subjektif, N., Faktor, D. A. N., & Terhadap, D. (2021). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Religiusitas, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Faktor Demografi terhadap Minat Berwirausaha. 9, 1369–1382.
Sort, J. C., & Nielsen, C. (2018). Using the Business Model Canvas to Improve Investment Processes. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 20(1), 10–33. https://doi.org/10.1108/JRME-11-2016-0048
Suarlin, & Ali, M. I. (2018). Membangun Jiwa Kewirausahaan (1st ed.). Global Research and Consulting Institute (Global-RCI).
Sukma, P., Wardhani, N., & Nastiti, D. (2023). Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa. 4(April), 177–191.
Surindra, B., Artantri, M. W., Forijati, R., & Anas, M. (2021). Analisis Pengangguran Dan Kesempatan Kerja Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(2), 68–74. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i2.16965
Tupamahu, F. A. S., Balik, D., & Tamaela, E. Y. (2021). Karakteristik Wirausaha, Tingkat Pendidikan dan Karakteristik Usaha Sebagai Penentu Keberhasilan Bisnis Pariwisata di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Jurnal Maneksi, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.31959/jm.v10i1.636
Utami, R., & Baihaqi, W. M. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi Revolusi Industri 4 . 0 terhadap Perkembangan UMKM Sektor Industri Pengolahan. 10(3), 87–93.
Utomo, H. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Mahasiswa Menjadi Wirausahawan. Journal on Education, 05(03), 8211–8221.
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). RUANG LINGKUP KEWIRAUSAHAAN. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1).
Widoyoko, S. E. P. (2023). Strategi Membangun Rasa Percaya Diri. 2(1), 64–70.
Zamhari, A., Rasyiqa, D., Yahya, M., Daniyasti, N., & Fitriani, A. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERAN KEWIRAUSAHAAN DI ERA GLOBALISASI DALAM MEMAJUKAN. 2, 953–962.