Dinamika Pembelajaran Bahasa di Indonesia

Keywords

Dinamika Pembelajaran
Pembelajaran Bahasa

How to Cite

Albaburrahim, Sulistyani, S., Nursukma Putra, A., Apriani, E., Veddayana, C., Proklawati, D., Widyanti Setyaningtyas, E., Rahma, F., Leunard Lelapary, H., Rahmayantis, M. D., Surya Bagas Santoso, R., Riani Putri Asyrofi, R., & Widiastuti, Y. (2024). Dinamika Pembelajaran Bahasa di Indonesia. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1–396. https://doi.org/10.29407/punp.vi.70

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran secara daring memiliki dampak sangat luas dalam dunia pendidikan. Semua materi pembelajaran harus didigitalkan, model perkuliahannya harus dirancang secara daring, termasuk aktivitas penilaiannya juga harus secara daring. Interaksi guru-siswa atau dosen -mahasiswa harus dilakukan secara daring. Akibatnya banyak lembaga pendidikan yang harus berinvestasi besar-besaran dalam pembelajaran daring. Guru dan dosen harus disiapkan untuk melakukan pembelajaran secara daring, begitu juga orang tua siswa. Pandemi covid-19 benar-benar telah mengubah segalanya. Semua interaksi interpersonal dan antarlembaga harus dilakukan secara daring. Sejak itulah secara resmi duni memasuki era “paperless”.

https://doi.org/10.29407/punp.vi.70

References

Anisa, A. R., Ipungkarti, A.A., dan Saffanah, K. N. 2021. Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research In Education: Conference Series Journal. Vol. 01, No. 01.

Beghetto, Ronald A. 2010. Creativity in the Classroom. In Kaufman, James C & Sternberg, Robert J (Eds). The Cambridge Handbook of Creativity. Cambrigde: Cambridge University Press

Berjamai, G. S., dan Davidi, E. I. N. 2020. Kajian Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasan Indonesia. Jurnal: Literasi Pendidikan Dasar. Vol. 1, No.1.

Bowel, T. Dan Kemp, G. 2010. Critical Thinking: A oncise

Guide. New York: Routledge.

Dari, F. W., & Orang, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.612

English, E. W. 1998. Gift of Literacy for the multiple Intelegences Classroom (USA: Skylight). Terjemahan oleh Fuad Ferdinan. 2021.

Glaser, E. 1941. An Experience in the Development of Critical Thinking. Advanced School of Education at Teacher’s College, Columbia University.

Hallatu, Y. A. (2017). Pengaruh Model problem based learning terhadap kompetensi Pengetahuan Dan Ketrampilan berpikir kritis Siswa Madrasah aliyah BPD Iha Tentang Konflik. The Indonesian Journal of Social Studies, 1(1), 11. https://doi.org/10.26740/ijss.v1n1.p11-22

Kucer, S. 2005. Dimensions of Literacy: A Conceptual Base for Teaching Reading and Writing in School Settings. Second Edition. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Kuswana, W.S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Rosdakarya.

Wells, B. 1987. Apprenticeship in Literacy. Interchange

Vol. 1, No. 2.

Villanova, A.L.I & Cunha, M.P.E. (2020). Everyday creativity: A systematic literature review. Journal of Creative Behavior, 0 (0), hal. 1-23.