MENGATASI KEBIASAAN BERUTANG MELALUI KEGIATAN PRODUKTIF BERBASIS PENDIDIKAN EKONOMI

Keywords

Eksperimen
Kegiatan Produktif
Pendidikan Ekonomi

How to Cite

PRASTYANINGTYAS, E. W. (2023). MENGATASI KEBIASAAN BERUTANG MELALUI KEGIATAN PRODUKTIF BERBASIS PENDIDIKAN EKONOMI. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Retrieved from https://penerbit.unpkediri.ac.id/index.php/unp/article/view/27

Abstract

Bahan ajar ini merupakan hasil eksperimen yang dilakukan oleh peneliti dengan membentuk kelompok produktif (kaderisasi). Bahan ajar ini bertujuan memberikan solusi kepada para ibu rumah tangga (nasabah) yang terlilit hutang pada lembaga perkreditan. Dalam bahan ajar ini dipaparkan strategi untuk mengatasi kebiasaan berutang oleh ibu-ibu nasabah tersebut. Misalnya, peneliti membentuk
wadah paguyuban kemudian melalui wadah paguyuban tersebut mengajak ibu-ibu rumah tangga melakukan kegiatan
produktif berbasis pendidikan ekonomi. Selain itu, bahan ajar ini dapat memberikan pengetahuan dasar dan mengasah
keterampilan dalam mengelola ekonomi dengan merencanakan pendapatan dan pengeluaran, serta melakukan kegiatan produktif sebagai upaya menambah pendapatan keluarga.

References

Amalia, M., Buchori, C., Nurani, E.D., 2013. “Back to Office Report: Field Visit for the Development of Economy Module for PKH Family Development Sessions”. Bank Dunia, Jakarta.

Cut Nina Herlina. http://nad.litbang.pertanian.go.id/ind/images/dokumen/Bulletin/05-sayuranorganik.pdf

Dinas Sosial. 2018. Modul Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha. Program Keluarga Harapan Kementrian Sosial RI.

Gunawijaya, R. (2017). Kebutuhan Manusia dalam Pandangan Ekonomi Kapitalis dan Ekonomi Islam Rahmat. Al-Maslahah, 13(1), 131–150.

International Organization for Migration, 2012. “Modul Pelatihan Pengembangan Usaha”. Yogyakarta.

Kementerian Sosial RI, 2012. “Petunjuk Pelaksanaan KUBE”. Jakarta.

Kementrian Sosial RI. 2018. Modul Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2KP) Program Keluarga Harapan. Jakarta.

Nurnazati. 2010. Modul Pelatihan Manajemen Ekonomi Rumah Tangga (ERT). Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Desa (KEMESDA).

Sakti, Nurida, Canda. 2017. Model Bahan Ajar Pendidikan Ekonomi Non Formal untuk Meningkatkan Produktivitas Ekonomi Buruh Usaha Sepatu Berskala Kecil dan Menengah di Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto. Disertasi Tidak Dipublikasikan.

Pascasarjana UM Shohib, M. (2013). Sikap Terhadap Uang dan Perilaku Berhutang. Jurnal : Ilmiah Psikologi Terapan, 53(9),

–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wantah, Erwin. 2017. Modul Pemberdayaan Nelayan Berbasis Pendidikan ekonomi dan Potensi Pesisir di Kabupaten Minahasa Utara. Disertasi Tidak Dipublikasikan. Pascasarjana UM.