Sastra Anak : Pedoman Guru dalam Bersastra Anak

Keywords

Sastra
Sastra Anak

How to Cite

Puspitoningrum, E. (2023). Sastra Anak : Pedoman Guru dalam Bersastra Anak. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1–198. Retrieved from https://penerbit.unpkediri.ac.id/index.php/unp/article/view/61

Abstract

Pengembangan buku ajar Sastra Anak : Pedoman Guru dalam Bersastra Anak disusun untuk menyiapkan generasi lulusam yang tanggap akan kondisi sastra anak di masa kini dan masa yang akan datang. Buku ajar ini juga disusun untuk menyiapkan mahasiswa sebagai generasi muda calon pengajar penerus bangsa yang diharapkan memiliki kepekaan terhadap permasalahan dirinya sendiri, masyarakat, dan bangsa saat ini. Oleh karena itu, buku ajar ini diharapkan dapat mengembangkan pengalaman dan memberi kesempatan yang luas kepada mahasiswa sebagai pembelajar untuk menguasai kompetensi yang diperlukan khususnya dalam pengajaran sastra anak, baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang beserta dapat menjadikan perisai ketahanan mental untuk menghadapi persiapan dalam pengajaran.

References

Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar, Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3 IKIP Malang.

Akhadiah. 1994. Pembelajaran Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:

Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Dardjowidjodjo, S. 2014. Psikolinguistik. Jakarta: Yaasan Pustaka Obor Indonesia.

Fashri, F. 2014. Pierre Bourdieu: Menyingkap Kuasa Simbol. Yogyakarta: Jalasutra.

Hartoko, Dick. 1986. Kamus Populer Filsafat. Jakarta: C.V. Rajawali.

Haryatmoko. 2016. Membongkar Rezim Kepastian: Pemikiran Kritis PostStrukturalis. Yogyakarta: Kanisisus.

Hawkes, Terence. 1978. Structuralism and Semiotics. London: Methuen & Co. Ltd.

Huck, Charlotte S, Susan Helper, dan Janet Hickman. 1987. Childern’s Literature in The Elementary School. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Jabrohim. 2003. Cara menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jenkins, R. 1992. Pierre Bourdieu. London & New York: Routledge.

Kurniawan, H. 2013. Sastra Anak: Kajian Strukturalisme, Sosiologim Semiotika, Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kurniawan, H. 2013. Sastra Anak: Kajian Strukturalisme, Sosiologim Semiotika, Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lukens, Rebecca. J.2003. A Critical Handbook of Children’s Literature. Newyork: Longman.

Mitchell, Diana. 2003. Children’s Literature, an Invitation to The World. Boston: Longman.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

USAID. 2015. Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Buku Pelatihan197 tentang Buku SumberPembelajaran Litersi di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Batu 24-26 April

USAID. 2015. Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Buku Pelatihan tentang Buku SumberPembelajaran Litersi di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Batu 24-26 April

Ur, Penny.1996. A Course in Language Teaching: practice and theory. Great Britain: Cambridge University Press.

Nurgiyantoro, B. 2013. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitiy Press.

Nugraha, Pepih. 2012. Citizen Jurnalism: Pandangan, Pemahaman, dan Pengalaman. Jakarta: Buku Kompas.

Philip, Sarah. 1999. Drama With Children. New York: Oxford University Press.

Puryanto, Edi. 2008. Konsumsi Anak dalam Teks Sastra di Sekolah. Makalah dalam Konferensi Internasional Kesusastraan XIX HISKI.

Roekhan. 1991. Menulis Kreatif: Dasar-dasar dan Petunjuk Penerapannya. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

Sarumpaet, Riris K. Toha. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Saxby, Maurice dan Gordon Winch (eds). 1991. Give Them Wings, The Experience of Childerns Literature. Melbourne: The Macmillan Company.

Siswanto, W. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Suryaman, M. 2004. Nilai Sastra dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya

Ahmad Tohari. Litera, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol. III, No. 2, Juli 2004.

Soedjarwo. 2007. Beginilah Menggunakan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Stewig, J.W. 1980. Childern and Literature. USA: Rand McNally College Publishing Company.

Teuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Wellek, R dan Warren, A. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.