Abstract
Buku ini mengusung pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek gizi dan aktivitas fisik dalam konteks pendidikan jasmani adaptif untuk anak berkebutuhan khusus. Pendidikan jasmani adaptif menuntut pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan individual setiap anak, termasuk kondisi fisik, psikologis, dan sosial. Melalui pendekatan interdisipliner, buku ini menjelaskan pentingnya peran gizi yang optimal dalam mendukung perkembangan motorik, kognitif, dan emosional anak berkebutuhan khusus. Di sisi lain, aktivitas fisik yang dirancang secara spesifik dan individual mampu meningkatkan kualitas hidup, kemampuan fungsional, serta integrasi sosial anak.
Buku ini membahas berbagai jenis kebutuhan khusus seperti autisme, cerebral palsy, down syndrome, dan gangguan perkembangan lainnya, serta bagaimana intervensi gizi dan gerak dapat disesuaikan untuk masing-masing kondisi. Selain itu, disertakan pula pedoman praktis bagi guru, terapis, dan orang tua dalam merancang program pendidikan jasmani yang inklusif, aman, dan efektif. Dengan pendekatan berbasis bukti dan studi kasus, buku ini diharapkan menjadi sumber referensi yang komprehensif dalam mewujudkan pendidikan jasmani yang lebih inklusif dan berdampak positif terhadap kualitas hidup anak berkebutuhan khusus.
References
Abdurrahman, F. A. A. A. N. N. (2019). Merancang strategi pembelajaran STEM berbasis inkuiri sebagai solusi alternatif ampuh untuk meningkatkan keterampilan abad ke-21 siswa: Solusi awal. Journal of Physics: Conference Series.
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh permainan kecil terhadap motivasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Sport Science, 20(2), 97–106. https://doi.org/10.24036/jss.v20i2.48
Becker, K., & Park, K. (2019). Effects of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students’ learning: A preliminary meta-analysis. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 12(5/6), 23.
Bessa, C., Hastie, P., Rosado, A., & Mesquita, I. (2021). Sport education and traditional teaching: Influence on students’ empowerment and self-confidence in high school physical education classes. Sustainability, 13(2), 578. https://doi.org/10.3390/su13020578
Dwi Permata, R. (2020). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 4–5 tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14230
Hakim, L., Mulyono, I. G. D. U., Darisman, E. K., & Rangga, P. B. (2022). Pendekatan pembelajaran PJOK melalui matika raga (matematika olahraga) untuk numerasi siswa. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga), 7(2), 211–217. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2189
Husdarta, J. S., & Saputra, Y. M. (2018). Belajar dan pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Khamim, Z. P., Amri, M. A., & Wulandari, N. (2020). Pola interaksi anak dan orang tua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124–140.
Mark, K. S., et al. (2019). Teori pembelajaran dan pengajaran: Mengukur kesuksesan Anda dalam proses belajar mengajar bersama psikolog pendidikan dunia. Jogjakarta: Mirza Media Pustaka.
Muharram, N. A. (2020). Paradigma pendidikan kritis ditinjau dari perspektif pendidikan jasmani di masa pandemi COVID-19. Bunga Rampai.
Muharram, N. A., & Harmono, S. (2021). Peningkatan pembelajaran table tennis melalui teknik holding bet pada siswa sekolah dasar. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan, 1(1), 20–24.
Muharram, N. A., & Kholis, M. N. (2018). Upaya peningkatan hasil belajar servis atas melalui model pembelajaran problem based introduction dalam permainan bola voli. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti (JIPCB), 5(2), 103–107.
Muharram, N. A., & Puspodari, P. (2020). Pengembangan buku teknik dasar taekwondo berbasis mobile learning dan model tes keterampilan tendangan ap hurigi pada atlet taekwondo Kota Kediri. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga, 5(2), 41–46.
Muharram, N. A., & Putra, R. P. (2019). Pengembangan buku saku mobile learning berbasis Android tentang signal-signal wasit bolavoli Kota Kediri.
Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi, S. (2019). Penilaian pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada sekolah menengah pertama negeri Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(10), 1364. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12845
Nur’aeni, E., Muharram, M. R. W., & Sriwianti, S. (2019). Didactical design of mathematics teaching based on gobak sodor traditional games in primary school. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 012015. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012015
Pratama, B. A. (2016). Meningkatkan keterampilan shooting sepakbola dengan permainan modifikasi. Jurnal Sportif: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1), 48–58.
Puspodari, P., Setijono, H., Wiriawan, O., Arfanda, P. E., Raharjo, S., Muharram, N. A., Himawanto, W., Allsabah, M. A. H., & Koestanto, S. H. (2022). Comparison of the effect of high impact aerobic dance exercise versus Zumba on increasing maximum oxygen volume in adolescent women. Physical Education Theory and Methodology, 22(2), 166–172. https://doi.org/10.17309/tmfv.2022.2.03
Rohmatin, T., & Wulan, B. R. S. (2019). Kemampuan motorik kasar anak sekolah dasar berdasarkan perbedaan status ekonomi keluarga. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 172. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5024
Setiakarnawijaya, Y., Widiastuti, W., Taufik, M. S., Kuswahyudi, K., Awaluddin, A., Sina, I., Hasyim, A. H., Hasyim, H., Hafidz, A., & Muharram, N. A. (2022). Moderate-intensity exercise decreases cortisol response in overweight adolescent women. Physical Education Theory and Methodology, 22(3s), S30–S36. https://doi.org/10.17309/tmfv.2022.3s.04
Sujarwo, S., & Suharjana, S. (2021). The development of physical education learning models for mini-volleyball to habituate character values among elementary school students. Sport Mont, 19(2), 29–33.
Syaodih, E., Sumarni, O., Rahayu, N. U. R. F., & Hidayat, H. (2019). Pengembangan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini dalam pembelajaran proyek di taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 29–36.
Tapo, Y. B. O., Bile, R. L., & Nenot, A. N. (2021). Pengembangan model latihan SPAT-desain materi bola voli dalam pembelajaran PJOK pada jenjang SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 16. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30738
Wibowo, T. (2019). Pembelajaran matematika dan risetnya di era revolusi industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 677–686.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Universitas Nusantara PGRI Kediri