Abstract
Buku ini disusun untuk membantu guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar (SD) dan orang tua siswa yang tidak memiliki latar belakang pendidikan Bahasa Inggris agar terampil mengajar. Harapannya, dengan membaca buku ini mereka dapat mengimplementasikan pembelajaran ramah anak dan melatih anak-anak menggunakan Bahasa Inggris secara berterima sesuai konteks. Isi buku ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama menjelaskan teori dan landasan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris ramah anak. Bagian kedua berisi penyiapan guru Bahasa Inggris terampil, yang diawali dengan pemaparan pembelajaran Bahasa Inggris di SD menurut
Kurikulum Merdeka, dan dilanjut dengan fokus materi dan berbagai aktivitas pembelajaran berserta contoh-contohnya. Bagian ketiga berisi asesmen bagi guru dan orang tua setelah mereka mengikuti pelatihan atau membaca buku panduan.
References
Ananthi, W. (2013). Learning English Through Story, Song And Playing 3(1). Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Azer, Y. (2019). Uzer, Y. (2019). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Gerak dan Lagu untuk Anak PAUD 2(2), 187-193. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 187-193.
Bakhsh, S. A. (2016). Using Games as a Tool in Teaching Vocabulary to Young Learners. English Language Teaching, 120-128.
Berlina, A. (2004). Lannenberg's Critical Period Hypothesis. Sommer Semester (pp. 3 -11). Heinrich Heine University.
BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Chaer, A. (2009). Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: PT Rineka Cipta. .
Dardjowidjojo. (2005). Psikolinguistik : Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Dewi, R. (2005). Berbagai masalah anak taman kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas. Jakarta: Depdiknas.
Diptoadi, V. L. (2018). Teachers’ Implementations of Teaching Techniques for Young Learners . Celt: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature, 18(1), 19-46.
Fransischa, A. a. (2016). Using Songs to Teach English to Young Learners. Journal of English Language Teaching, 251-258.
Halliday, E. (1975). Learning How to Mean. London: Edward Arnold .
Indonesia, K. P. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak.
Johnson, A. (2008). A Philosophy of Second Language Acquisition. Yale University Press.
Kemendiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional .
Larsen - Freeman, D. (1986). Techniques and principles in language teaching. NewYork: Oxford University Press.
Moon, J. (2005). Teaching English to young learners: the challenges and the benefits. British Council, 30-34.
Nurhajati, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris SD Ramah Anak. Jurnal Abdinus, 119-130.
Nurhajati, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris SD Ramah Anak. Abdinus, 4(1), 119-130.
Nurhajati, e. a. (2021). Jogo Tonggo, Model Pendampingan Belajar dan Bermain Bahasa Inggris. Jurnal Abdinus, 314-324.
Rahayu, S. L. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris . Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 341-346.
Scott, W. A. (1991). Teaching English to Children. Longman.
Setyaningsih, A. (2007). Teaching Englsih to Young Learners through Songs. Journal of Englsih and Education, 75-85.
(2022). Surat Keputusan Bada Standar, Kurikulum, dan Asesmen . Jakarta: Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Tarigan, H. (1988). Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Ur, P. .. (2012). A Course in English Language Teaching. Cambridge University Press.
Yamin, M. (2017). Metode pembelajaran bahasa inggris di tingkat dasar. Jurnal Pesona Dasar, 82-97.
Zahrok, S. (2009). Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 2(2), 166- 180. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 2(2), 166-180.