Abstract
Menulis merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang dalam menuangkan dan menggambarkan idenya kedalam bentuk tulisan yang dapat dibaca dan dipahami oleh orang lain. Menulis merupakan kegiatan yang produktif pastinya melalui beberapa proses yaitu tahap pra penulisan, tahap penulisan, dan tahap pasca penulisan. Salah satu tujuan mata pelajaran bahasa Indonesia sebagaimana yang tertuang dalam Standar Isi yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) adalah menikmati dan memanfaatkan karya sastra berupa dongeng. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan agar peserta didik dapat memperluas wawasan dari dongeng berupa adat-istiadat, kesenian, dan kekayaan budaya Indonesia yang terkandung di dalam dongeng; memperhalus budi pekerti peserta didik dengan mengetahui pesan moral yang disampaikan dari dongeng; meningkatkan kemampuan berbahasa dengan menambah kosa kata, kalimat, dan latihan-latihan dalam berbahasa; memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis serta menghargai dan membanggakan khazanah sastra Indonesia. Buku Pembelajaran Menulis Dongeng ini disusun sebagai salah satu referensi sumber belajar.
References
Abdul Aziz. 2012. Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Manfaat Hasil Belajar.
Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar, Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3 IKIP Malang.
Akhadiah. 1994. Pembelajaran Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Akhadiah, Sabarti, dkk. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.
Andri Wicaksono, dkk. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Jakarta: Garudhawaca.
BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Diknas.
BSNP. 2007.Peraturan Menteri Pendidikan nasional Republik
Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.
Danandjaya, James. 1994. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti Press.
Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi ketiga. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Pengembangan Kemampuan Menulis Sastra. Jakarta: Depdiknas.
Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hana, J. (2011). Terapi Kecerdasan Anak Dengan Dongeng . Yogyakarta: Berlian Media.
Hesti, Suci. 2018. “Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Banda Aceh Menceritakan Kembali Legenda Tuan Tapa dan Putri Naga”. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.