MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA

Keywords

menulis kreatif
naskah drama
keterampilan menulis

How to Cite

RAHMAYANTIS, M. D., WARYANTI, E., & PUSPITONINGRUM, E. (2022). MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1–61. https://doi.org/10.29407/punp.vi.7

Abstract

Buku ini sebagai panduan dalam memahami salah satu jenis karya sastra yaitu drama. Sebagai pengantar, buku ini tidak secara ketat bertumpu pada salah satu teori atau paradigma tertentu. Pilihan demikian ditempuh karena, sebagai salah satu gejala sosial budaya, karya sastra memang dapat dikaji dari berbagai sudutnya. Sebab itulah, semakin kaya pendekatan yang digunakan, diharapkan semakin  lengkap pula pemahaman dan penikmatan yang diperoleh pembaca sewaktu mengapresiasi karya sastra.

Sebagai buku pengantar, tentunya dapat dimanfaatkan oleh para siswa sekolah menengah serta para mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, bahkan khalayak umum, sebagai dasar analisis ilmiah pada karya sastra. Disebut demikian karena dalam kerja analisis, seseorang harus memiliki pengetahuan dasar karya sastra secara umum terlebih dahulu yang diperoleh dari fenomena objektif karya sastra. Buku ini lebih terfokus pada bagaimana cara dan teknis dalam menyusun naskah drama. Pembaca diajak mengapresiasi yang kemudian masuk pada tahap demi tahap menulis naskah drama.

https://doi.org/10.29407/punp.vi.7

References

Aminudin. 2010. Menulis dan Mementaskan Drama. Bandung : Trans Mandiri Abadi.

Kasnadi dan Sutejo. 2008. Menulis Kreatif, Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta. Pustaka Felicha.

Riantono, N. 2011. Kitab Teater. Tanya Jawab Seputar Seni Pertunjukan. Jakarta. Grasindo.

Set, Sony. 2008. Rahasia Menulis Skenario Profesional. Yogyakarta. Penerbit Liliput

Sumardjo, Jacub. 1997. Menulis Cerpen. Yogyakarta. Pustaka pelajar.

Usul, Wiyanto. Terampil Bermain Drama. Grasindo.

Yonny Acep. 2014. Mahir Menulis Naskah Drama. Yogyakarta. Suaka Media.