Abstract
Buku ini berisikan materi pendidikan kewarganegaraan. Melalui buku ini siswa diharapkan mampu belajar cara memcahkan masalah dengan latihan-latihan yang ada.
References
Andersen, L.W. 1981. Assessing Affective Charackteristic in The Schools. Boston: Allyn and Bacon.
Bloom, Benjamin S. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: The Clasification of Educational Goals. London: David McKay Company, Inc.
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.
Budiningsih, C. Asri. 2004. Pembelajaran Moral: Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Daroeso, Bambang. 1986. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Surabaya: Aneka Ilmu.
Djahiri, ahmad Kosasih. 1994/1995. Dasar-dasar Umum Metodologi dan Pengajaran Nilai-Moral VCT. Bandung. IKIP Bandung.
Depdiknas.2003. Undang-undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Durkheim, Emile. 1990. Pendidikan Moral. Alih Bahasa Lukas Ginting. Jakarta: Erlangga.
Duska, Ronald dan Mariellen Whelan. 1984. Perkembangan Moral. Diterjemahkan Dwija Atmaka. Yogyakarta: Kanisius.
Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.
Jarolimek, J. dan Parker W.C. 1993. Social Studies Elementary Education. 9th. Ed. New York: Mac Millian Publishing Co.
Kaelan. 2000. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Kansil. C.S.T. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan di PT. Jakarta: Pradnya Paramita.
Ketetapan MPR RI No. II/MPR/1993. 1994. Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Jakarta; Bumi Aksara.
. No. III/ MPR/ 2000 tentang Sumber Hukum dan Tata Urutan Perundang-Undangan.
. No. VI/ MPR/ 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Bermasyarakat.
Lickona, T. 1992. Educating for Character. How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Narvaez, D., Getz, I., Rest, J.R. 1995. The Four Components of Acting Morally. In W. Kurtines&J. Gewitz (Eds), Moral Behavior and Moral Development: An Introduction (pp. 385-400). New York: Mc Graw-Hill.
Republik Indonesia. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
. 2005. Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Jakarta: Depdiknas.
. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006 tentang Ketentuan Pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Depdiknas.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemantri, Muhammad Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Surapanata, Sumarna. 2006. Analisis Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes-Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surapranata, Sumarna dan Muhammad Hatta. 2004. Penilaian Portofolio: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2007. Model Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sindhunata. 2001. Pendidikan : Kegelisahan Sepanjang Zaman. Yogyakarta: Kanisius.
Sudijono, Prof. Drs. Anas. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suparno, dkk. 2002 Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Suseno, franz Magnis. 1987. Etika Dasar - Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.
. 1990. Etika Dasar - Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.
. 1991. Etika Politik. Jakarta: Gramedia.
Trimo. 2007. Pendidikan Penanaman Nilai Dalam Pendidikan. Artikel Dalam Pendidikan Winataputra, U.S. 2001. Jati Diri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Pendidikan Demokrasi. (disertasi) Bandug: Universitas Pendidikan Indonesia Network. http://re-searchengines.com/0807 trimo.html
UU RI No. 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.
Winataputra, Udin S. 1985. Strategi Pengajaran Afektif, Nilai Moral VCT dan Games dalam VCT. Bandung: Jurusan PMPKN FPIPS.
. 1989. Konsep dan Strategi Pendidikan Moral Pancasila di Sekolah Menengah. Jakarta: Depdikbud.
. 2008. Pembelajaran PKn di SD. Tanggerang: Universitas Terbuka.